Sejarah Desa

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Bogorejo. Sejarah asal muasal  Desa Bogorejo sampai saat ini masih simpang siur. Sehingga kami tidak bisa memastikan kebenarannya tentang sejarah Desa Bogorejo. Tetapi kami mendapat informasi dari sesepuh Desa Bogorejo yang mungkin mendekati kebenarannya.

Pada jaman penjajahan Belanda, Desa Bogorejo dalam wilayah Tuban Kota.

Diwilayah Desa Bogorejo ada sebuah pedukuhan yang dahulu telah dikenal, bernama Dusun Mulung. Masyarakat Dusun Mulung sangat percaya dengan hal-hal keramat. Ada suatu tempat keramat berupa punden yang dikenal dengan nama "BOGO" oleh masyarakat sekitar. Disana terdapat sebuah sumber mata air yang besar dan jernih. Banyak masyarakat Dusun Mulung dan warga sekitar berbondong-bondong mengambil air di sumber mata air tersebut. Makin lama tempat tersebut makin ramai dikunjungi orang, sehingga tempat tersebut dikenal dengan sebutan "BOGOREJO". Sekarang Desa Bogorejo telah memisahkan diri dari wilayah kota Tuban dan menjadi Desa Bogorejo yang berdiri sendiri.

Cerita ini bersumber dari Mantan Sekretaris Desa Bpk. Sujak, mantan Tentara Heiho jaman penjajahan Jepang, yang disampaikan oleh Sekretaris Desa Bogorejo, yakni Bpk. Sudarso.

Untuk sementara kami hanya bisa memperoleh data sejarah Dusun Mulung, dan untuk yang lain kami masih menggali informasi.

 Legenda Dusun Mulung

Konon ceritanya, Mulung berasal dari kata Ulung-Ulungan Batu Bata. yang konon ceritanya pada jaman dahulu terjadi peristiwa yaitu tentang para waliullah yang akan membuat masjid yang berada di Dusun Mulung tersebut. Yang sejarah tersebut memang dibuktikan dengan adanya bukti bekas batu bata yang telah tertanam beberapa tahun lamanya. Sehingga dengan keberadaan tersebut masyarakat meyakini bahwa pada jaman dahulu akan dibuat sebuah Masjid, kemudian belum sempat jadi, kemudian sekarang masyarakat Dusun Mulung meneruskan pembangunan tersebut dengan membangun kembali sebuah Masjid yang diberi nama "Maulana Assidiqqiyah".

Sejarah Pemerintahan Desa

Desa Bogorejo telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Desa) tetapi dalam sejarah Pemerintahan Desa Bogorejo tidak tercatat atau ditemukan dalam administrasi pemerintahan desa, sehingga tidak bisa diketahui secara pasti, hal ini dikarenakan tidak adanya kepedulian atau kesadaran masyarakat akan pentingnya sejarah pemerintahan desa.

Sesuai sumber yang kami dapatkan maka sejarah pemerintahan Desa Bogorejo dapat kami jabarkan sebagai berikut :

  1. Tahun 1938 s/d Wafat, dipimpin oleh Lasiyo
  2. Tahun 1960 s/d 1965, dipimpin oleh Suwadi
  3. Tahun 1967 s/d 1972, dipimpin oleh Waijan
  4. Tahun 1972 s/d 1981, dipimpin oleh Kasiyan
  5. Tahun 1981 s/d 1999, dipimpin oleh Moh. Rokhawi
  6. Tahun 1999 s/d -, dipimpin oleh Pj. Sudarso
  7. Tahun 1999 s/d 2007, dipimpin oleh Sudarno
  8. Tahun 2007 s/d 2010, dipimpin oleh Ach. Sakip
  9. Tahun 2010 s/d 2011, dipimpin oleh Plt. Sudarso, S.Sos
  10. Tahun 2011 s/d 2012, dipimpin oleh Pj. Sudarso, S.Sos
  11. Tahun 2013 s/d 2018, dipimpin oleh Sudarno
  12. Tahun 2018 sampai sekarang, dipimpin Pj. oleh DEASI IKA NOTIRAWATI, S.STP. M.AP

 

Editor : NARJI (Kasi Pemerintahan)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)